2022

10 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Siswa Dalam Berguru Bahasa Inggris

10 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Siswa Dalam Berguru Bahasa
Inggris
10 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Siswa Dalam Berguru Bahasa
Inggris

10 HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MEMOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS


 HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MEMOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS 10 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Inggris


Banyak pengajar bahasa Inggris mengalah lantaran melihat minat berguru muridnya tidak sebanding dengan perjuangan yang telah dicurahkan bagi perkembangan anak didiknya. Hal ini tidak 100% benar dan tidak 100% salah. Pasalnya, minat berguru tersebut digerakkan oleh motivasi pelajar sendiri. Berangkat dari duduk perkara ini, hendaknya pengajar mengetahui solusi atas duduk perkara motivasi ini.


Berikut ini 10 proposal untuk memotivasi murid di kelas dalam berguru bahasa inggris


 




10 hal yang harus dilakukan seorang pengajar untuk memotivasi anak didik di kelas dalam berguru bahasa inggris



  1. Tetapkan sebuah teladan personal dengan sikap anda sendiri.


Pengajar sebaikanya memperlihatkan teladan dan memfasilitasi penerima didiknya untuk berproses. Oleh alasannya itu, selalu hadirkan semangat mengajar maka penerima didik pun niscaya bersemangat; berbicaralah dengan lantang, percaya diri, dan terperinci ketika di kelas, maka penerima didik pun niscaya menirunya.


 



  1. Ciptakan atmosfer menyenangkan dan rileks di kelas.


Lupakan sistem guru yakni raja di kelas. Jangan biarkan murid takut ketika hendak masuk kelas anda, namun jangan lupa bahwa guru tetaplah manajer kelas.


 



  1. Berikan kiprah secara layak.


Berilah kiprah yang sesuai dengan kemampuan (menantang dan mendorong cara berpikir kreatif murid) dan porsinya (tidak terlalu berlebihan tapi cukup). Jangan lupa pastikan bahwa setiap kiprah tersebut berarti bagi kehidupan konkret mereka.


 



  1. Kembangkan sebuah kekerabatan baik dengan para pembelajar.


 



  1. Jadilah sahabat yang baik dan dipercaya bagi penerima didik anda.


 



  1. Tingkatkan kepercayaan diri linguistik pada pembelajar.


 



  1. Berilah kebanggaan atas keberhasilan mereka dalam produksi mulut maupun tertulis.


 



  1. Jadikan kelas bahasa anda menarik.


Kembangakan pengetahuan anda terhadap ekspresi dominan mengajar yang kreatif, contohnya dengan memakai permainan, media komputer dan internet, video, lagu, drama pendek, dsb.


 



  1. Tingkatkan otonomi pembelajar.


Kenalkan pembelajar dengan cara-cara berguru berdikari di luar kelas. Sehingga mereka tidak menggantungkan tingkat keberhasilan mereka pada guru mereka. Dan mereka akan bisa menyebarkan diri mereka sendiri di kemudian hari.


 



  1. Buatlah proses pembelajaran bernilai personal.


Berilah umpan balik bagi setiap orang. Hal ini menciptakan setiap murid merasa di perhatikan dan sanggup melihat perkembangan kemampuan mereka sendiri.


Perkenalkan mereka dengan sebanyak mungkin sumber pembelajaran dan konteks budaya bahasa sasaran, contohnya budaya Potluck Party, Halloween, dll lewat sarana media teknologi informasi.


 




Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai 10 hal yang harus dilakukan untuk memotivasi siswa dalam berguru bahasa inggris.


Semoga bermanfaat dan membantu sahabt IBI (ilmubahasainggris.com) semua.


Thank you for your attention…


 


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement