2022

Penjelasan, Jenis, Skor Dan Isu Penting Lainnya Mengenai Ielts Atau International English Language Testing System

Penjelasan, Jenis, Skor Dan Isu Penting Lainnya Mengenai Ielts Atau
International English Language Testing System
Penjelasan, Jenis, Skor Dan Isu Penting Lainnya Mengenai Ielts Atau
International English Language Testing System

Penjelasan, Jenis – Jenis, Skor Dan Informasi Penting Lainnya Mengenai IELTS Atau International English Language Testing System


 Skor Dan Informasi Penting Lainnya Mengenai IELTS Atau  Penjelasan, Jenis, Skor Dan Informasi Penting Lainnya Mengenai IELTS Atau International English Language Testing System




A. Penjelasan IELTS atau International English Language Testing System


IELTS atau International English Language Testing System merupakan tes kemampuan dan penguasaan bahasa Inggris dengan standar International. Tes ini dipakai dan diterima oleh beberapa negara menyerupai Inggris, Australia, Kanada, Afrika Selatan, Selandia Baru dan Irlandia. Tes IELTS juga diterima di lebih dari 3000 institusi pendidikan di Amerika.


 


B. Jenis – jenis IELTS atau International English Language Testing System


Secara umum IELTS dibagi menjadi 2 jenis yaitu Academic Version dan General Training Version.


Berikut ini ialah klarifikasi dari Academic Version dan General Training Version



  1. Academic Version ialah tes kemampuan bahasa Inggris untuk memasuki universitas atau perguruan tinggi di negara pengguna atau penutur Bahasa Inggris (English-speaking country).

  2. Sedangkan General Training Version merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang ditujukan untuk keperluan non-akademik menyerupai untuk mencari pengalaman  kerja, non-akademik training, ataupun keperluan imigrasi.


 


C. 4 macam tes yang diujikan pada IELTS atau International English Language Testing System


IELTS mempunyai 4 bab tes yaitu Listening, Reading, Writing ,dan Speaking. Tes listening dan speaking mempunyai isi yang sama untuk Academic Version dan General Training Version, sedangkan untuk Reading dan Writing berbeda.



  1. Listening


Tes Listening dalam IELTS terdiri dari empat bab dan berlangsung selama kurang lebih 40 menit (30 menit untuk tes dan 10 menit untuk mengisi lembar jawaban). Tes ini berisi monolog dan obrolan dan hanya diperdengarkan sebanyak satu kali. Para kandidat diberikan waktu untuk melihat soal sebelum tes dimulai. Setelah tes selesai, kandidat diberikan waktu 10 menit untuk mengisi lembar tanggapan yang tersedia.


2. Reading


Academic Version tes terdiri dari 3 bab berisi 3 teks dan berjumlah 40 soal. Sedangkan untuk General Version juga terdiri dari 3 bab namun dengan teks yang lebih pendek (karena lebih pendek jumlah teks bisa mencapai 5). Durasi tes ialah 60 menit.


3. Writing


Tes Writing untuk Academic Version terdiri dari dua bagian. Bagian pertama, kandidat mendeskripsikan grafik atau diagram ke dalam tulisan. Sedangkan bab kedua, kandidat menulis respon perihal sebuah opini atau pendapat. Untuk General English Version juga terdiri dari 2 bab yaitu menciptakan surat dan essay. Durasi tes 60 menit.


4. Speaking


Tes Speaking terdiri dari 3 bagian. Pada bab pertama kandidat diberikan pertanyaan personal menyerupai hobi, alasan mengambil test IELTS dan sebagainya. Bagian kedua, kandidat diberikan sebuah topik dan lalu menawarkan komentar perihal topik tersebut. Bagian yang ketiga berupa diskusi (dengan topik menyerupai bab kedua) antara kandidat dan penguji. Tes berlangsung 11-15 menit.




D. Skor IELTS


Skor IELTS memakai 9 Band System dimana kandidat akan memperoleh skor antara 1 hingga dengan 9.  Di setiap Band Score kandidat akan menerima nilai satuan penuh atau setengah nilai contoh: 6, 6.5, 7.5 dan seterusnya. IELTS juga memakai sistem pembulatan (pembulatan ke atas) dalam memilih Band Score. Hal ini berarti bila kandidat memperoleh skor total 6.25 akan dibulatkan menjadi 6.5 dan apabila kandidat memperoleh 6.75 akan dibulatkan menjadi 7.


Contoh:


Jika kandidat memperoleh skor Listening 6.5, Reading 6.5, Writing 4.0 dan Speaking 8.0 akan memperoleh total Band Score 6.5 atau 6.5 + 6.5 + 4.0 + 8.0 = 25 lalu dibagi 4 = 6.25 dan dibulatkan menjadi 6.5


Skor IELTS ini sanggup berlaku selama 2 tahun sehabis mengambil tes.




Demikianlah pembahasan bahan kali ini mengenai “ Penjelasan, Jenis – Jenis, Skor Dan Informasi Penting Lainnya Mengenai IELTS Atau International English Language Testing System “.


Semoga sanggup membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dan menawarkan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.


Thank you for attention friends


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement