2022

8 Cara Berguru Bahasa Inggris Yang Efektif Menurut Metode Dari Pakar Pembelajaran “H. Douglas Brown”

8 Cara Berguru Bahasa Inggris Yang Efektif Menurut Metode Dari Pakar
Pembelajaran “H. Douglas Brown”
8 Cara Berguru Bahasa Inggris Yang Efektif Menurut Metode Dari Pakar
Pembelajaran “H. Douglas Brown”

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Berdasarkan Metode Dari Pakar Pembelajaran “H. Douglas Brown”


 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Berdasarkan Metode Dari Pakar Pembelajaran  8 Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Berdasarkan Metode Dari Pakar Pembelajaran “H. Douglas Brown”


Skill atau kemampuan berbahasa Ingris sebagai bahasa Internasional yaitu satu hal yang sangat penting dan menjajikan di masa depan. Cara mencar ilmu Bahasa Inggris itu bermacam-macam, ada sebagian orang yang mencar ilmu bahasa inggris dengan membawa kamus bahasa inggris kemana –mana atau dengan mencoba menghafalkan isi kamus dalam artian yaitu menghafalkan kosakata atau vocabularies.




Berdasarkan pakar pembelajaran Bahasa Inggris yaitu H. Douglas Brown mengemukan ada delapan prinsip mencar ilmu bahasa Inggris yang efektif dan mudah


Yaitu sebagai berikut :



  1. Way of life


Jika kita mencar ilmu bahasa Inggris di negeri daerah bahasa tersebut dipakai sebagai Bahasa Ibu, umumnya kita akan lebih cepat menguasai bahasa tersebut lantaran kita setiap hari dikelilingi oleh bahasa Inggris, dari bangkit tidur hingga kembali ke daerah tidur. Hal ini disebabkan lantaran bahasa Inggris telah menjadi potongan yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita.


Demikian pula yang harus kita lakukan di Indonesia, kalau kita ingin mencar ilmu bahasa Inggris dengan efektif, kita juga harus mengakibatkan bahasa Inggris sebagai potongan dari kehidupan kita. Artinya yaitu kita harus mencoba menggunakannya setiap hari. Untuk itu, kita bisa membaca, mendengar, ataupun berbicara dengan memakai bahasa Inggris pada setiap kesempatan yang kita temui atau yang bisa kita ciptakan.



  1. Total commitment


Untuk mengakibatkan bahasa Inggris sebagai potongan yang tidak terpisahkan dari hidup kita, kita harus mempunyai akad untuk melibatkan bahasa Inggris dalam hidup kita secara fisik, secara mental, dan secara emosional. Secara fisik, kita bisa mencoba mendengar, membaca, menulis, dan melatih pengucapan dalam bahasa Inggris, terus-menerus dan berulang-ulang.


Secara mental atau intelektual, kita bisa mencoba berpikir dalam bahasa Inggris setiap kali kita memakai bahasa Inggris. Misalnya, dalam memahami bahasa Inggris, jangan kata per kata, tapi arti secara keseluruhan.



  1. Trying


Belajar bahasa yaitu menyerupai mencar ilmu naik sepeda atau mencar ilmu menyetir mobil. Kita tidak bisa hanya membaca dan memahami ”buku manual” saja, tetapi kita harus mencoba menggunakannya. Pada tahap pembelajaran (tahap percobaan), sangat masuk akal kalau kita melaksanakan kesalahan. Yang penting yaitu mengetahui kesalahan yang kita lakukan dan memperbaikinya di kesempatan yang berikutnya.


Akan lebih baik lagi kalau pada ketika mencoba kita mempunyai guru yang bisa memberitahu kita kesalahan yang kita lakukan. Guru tidak harus guru formal di sekolah atau kursus bahasa Inggris. Guru bisa saja sebuah kaset yang bisa kita dengarkan dan kita bandingkan dengan ucapan kita, sebuah buku pelajaran yang bisa kita baca dan cek jawabannya, atau bisa juga sahabat ataupun kerabat yang bisa membantu kita kalau kita ada problem atau ada hal-hal yang ingin kita tanyakan.



  1. Beyond class activities


Jika kita mencar ilmu bahasa Inggris secara formal (di kelas, di kursus), biasanya jam-jam belajarnya terbatas: empat jam seminggu, enam jam seminggu ataupun delapan jam seminggu. Yang niscaya jam mencar ilmu di kelas ini tentunya sangat terbatas.


Agar mencar ilmu bisa lebih efektif, kita harus membuat kesempatan untuk ”belajar” juga di luar jam-jam mencar ilmu di kelas: berdiskusi dengan teman, mengunjungi websites yang mengatakan pembelajaran bahasa Inggris gratis, ataupun berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan teman-teman atau native speakers (baik melalui surat, email, ataupun percakapan langsung).


Kita bisa juga mencoba membaca koran, majalah, buku-buku teks, mendengarkan radio, lagu, ataupun menonton acara-acara dan film. Agar proses mencar ilmu bisa lebih menarik, pilihlah topik-topik yang sesuai dengan minat kita, kebutuhan kita, ataupun yang berafiliasi dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang kita tekuni.



  1. Strategies


Jika komitmen, keberanian mencoba, dan mengakibatkan bahasa Inggris sebagai potongan hidup telah kita terapkan, langkah selanjutnya yaitu menerapkan seni administrasi mencar ilmu yang sempurna untuk menunjang proses mencar ilmu kita. Strategi ini bisa kita kembangkan dan kita sesuaikan dengan kepribadian dan gaya mencar ilmu kita masing-masing.


Ada yang lebih gampang mencar ilmu dengan memakai ”cue-cards”, yaitu kartu-kartu kecil yang bertuliskan ungkapan atau kata-kata yang ingin kita kuasai disertai dengan teladan kalimat yang bisa memakai kata-kata tersebut. Kartu ini bisa kita bawa kemana pun kita pergi. Kapan pun ada kesempatan.



  1. Auditory learners


Jika kita termasuk orang yang lebih gampang mencar ilmu dengan mendengarkan, maka kita mempunyai gaya mencar ilmu ”auditory.” Jika ini gaya mencar ilmu kita, maka kita bisa memperbanyak porsi mencar ilmu dengan mendengarkan, contohnya mendengarkan kaset-kaset pelajaran bahasa Inggris, lagu-lagu favorit kita, ataupun berita, pidato dalam bahasa Inggris.


Kita juga bisa mendengarkan percakapan-percakapan dalam bahasa Inggris di film-film favorit yang kita tonton di bioskop, televisi, ataupun VCD. Dengarkan ucapan, ungkapan yang digunakan, perhatikan konteks ataupun situasi di mana kata-kata ataupun ungkapan tersebut digunakan.



  1. Visual learners


Jika kita termasuk orang yang lebih gampang mencar ilmu melalui input visual (gambar, tulisan), maka kita mempunyai gaya mencar ilmu ”visual”. Banyak sekali seni administrasi yang bisa kita lakukan. Kita bisa membaca artikel-artikel dalam bahasa Inggris yang kita anggap penting, dan menarik di surat kabar, majalah, ataupun internet, untuk kemudian kita coba ceritakan kembali dengan kata-kata yang kita susun sendiri, baik dalam bentuk goresan pena ataupun dalam bentuk ucapan. Kita bisa juga membaca dan mempelajari teladan surat, proposal, brosur yang sering kita temui dalam melaksanakan pekerjaan kita.


Untuk mencoba memahami suatu konsep abstrak, kita bisa menggambarkannya dalam bentuk visual: ”flow chart”, tabel, ataupun bentuk-bentuk visual lainnya.



  1. Kinesthetic learners


Jika kita lebih suka mencar ilmu dengan melaksanakan sesuatu atau bergerak, maka kita bisa mencar ilmu dengan memakai komputer (di mana kita harus menekan tombol di keyboard, atau mouse), sehingga kita tidak cepat bosan. Kita bisa juga bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan bahasa Inggris (English Club) yang mempunyai banyak kegiatan dan permainan yang melibatkan gerakan.




Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai “ Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Berdasarkan Metode Dari Pakar Pembelajaran H. Douglas Brown “.


Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan sanggup membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses mencar ilmu bahasa inggris.


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement