2022

Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’ Dalam Tata Bahasa Inggris

Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’
Dalam Tata Bahasa Inggris
Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’
Dalam Tata Bahasa Inggris

Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’ Dalam Tata Bahasa Inggris


Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan  Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’ Dalam Tata Bahasa Inggris


 


Pada kesempatan kali ini, admin akan share mengenai klarifikasi dan perbedaan dari ‘Even if’ dan ‘Even Though’.


Apakah kedua pernyataan tersebut sama?


Untuk menjawab pertanyaan diatas mengenai klarifikasi dan perbedaan serta penggunaan ‘even if’ dan even though’ yang mungkin membingungkan bagi sebagian pelajar bahasa inggris.


Berikut ini ialah klarifikasi dan perbedaan serta penggunaan lengkap beserta rujukan penggunaannya.


 




Perbedaan dan rujukan – rujukan kalimat menggunakan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’


‘Even if’ dan ‘even though’ tidak dapat dipakai secara bergantian atau sebagai substitusi alasannya ialah kedua pernyataan tersebut mempunyai arti yang berbeda.


‘Even though’ mempunyai arti yang seperti dengan ‘despite the fact that’ yang berarti ‘meskipun faktanya….’.


Sedangkan ‘even if’ mempunyai arti yang seperti dengan ‘whether or not’ yaitu ‘terlepas dari……….atau tidak/bukan’.


 


Mari kita bandingkan bersama – sama rujukan kalimat berikut ini :



  1. Even if I had two hours to spare for shopping, I wouldn’t go out and buy a suit.


(Terlepas dari saya mempunyai dua jam untuk diluangkan untuk belanja atau tidak, saya tidak akan pergi keluar dan membeli jas)


Atau


(Bahkan jikalau saya mempunyai dua jam untuk diluangkan untuk belanja, saya tidak akan pergi keluar dan membeli jas)



  1. Even though I had two hours to spare for shopping, I couldn’t find the suit I wanted.


(Meskipun faktanya saya mempunyai dua jam untuk diluangkan untuk belanja, saya tidak sanggup menemukan jas yang saya inginkan)




Dari rujukan kalimat diatas sanggup kita simpulkan bahwa rujukan pertama menggambarkan situasi yang tidak faktual dimana kita sanggup mengganti ‘even if’ dengan ‘just supposing’ dan berkata : just supposing I had two hours to spare for shopping, I still wouldn’t go out and buy a suit. (Seandainya saya mempunyai dua jam untuk di luangkan untuk belanja, saya masih tidak akan pergi keluar dan membeli jas)


Sedangkan pada rujukan kalimat kedua mendeskripsikan situasi yang faktual dimana subjek atau pelaku menghabiskan dua jam mencari jas tertentu, namun tidak sanggup menemukannya. Ketika kita menggabungkan kata ‘even’ dan ‘though’ efeknya seperti kita menyampaikan : you may find this surprising but……………! (Anda mungkin terkejut, tetapi…………….!)




Berikut ini ialah rujukan – rujukan lain dari penggunaan ‘Even if’ dan ‘even though’.


Mari kita perhatikan dan pelajari rujukan – rujukan kalimat berikut secara seksama.



  1. Even thoughhe lost his job as Arts Minister, he continued to serve in the government. (Meskipun faktanya/walaupun ia kehilangan pekerjaannya sebagai menteri seni, ia melanjutkan mengabdi pada pemerintah)

  2. Even ifhe loses his job as Arts Minister, I think he’ll continue to serve in the government. (Terlepas dari ia kehilangan pekerjaanya sebagai menteri seni atau tidak, Saya rasa ia akan terus mengabdi di pemerintahan)

  3. Even thoughthe injury was serious, she decided to carry on playing. It was an important match. (Walaupun cederanya serius, ia memutuskan untuk melanjutkan permainan. Ini ialah sebuah pertandingan penting)

  4. I know she’ll want to carry on playing, even ifshe gets injured. It’s an important match. (Saya tahu ia akan tetap ingin melanjutkan permainan, bahkan jikalau ia cedera. Ini ialah sebuah pertandingan penting)

  5. Even thoughI’ve cleaned it and polished it, it still doesn’t look new. (Meskipun faktanya saya telah membersihkannya dan memolesnya, ini masih tidak terlihat baru)

  6. Even ifI clean and polish it, it still won’t look new. (Bahkan jikalau saya membersihkan dan memolesnya, Ini masih tidak akan terlihat baru.


 




Demikian pembahasan pada artikel kali ini mengenai “ Penjelasan Dan Perbedaan Serta Penggunaan ‘Even If’ Dan ‘Even Though’ Dalam Tata Bahasa Inggris “.


Semoga bermanfaat dan membantu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) semua.


Thank you …


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement