2022

Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes Toefl

Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes Toefl
Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes Toefl

Strategi – Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes TOEFL


 Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes TOEFL Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes TOEFL


 


Pada section listening dalam test TOEFL, ialah termasuk soal pertama yang akan sobat IBI (ilmubahasainggris.com) hadapi. Untuk mendapat nilai yang baik maka sobat IBI (ilmubahasainggris.com) juga perlu mengetahui strateginya cara menjawabnya


 




Langkah – langkah atau taktik dalam menghadapi tes TOEFL pada listenng section



  1. Ketika mendengar soal listening, sobat IBI (ilmubahasainggris.com) harus fokuskan pada baris atau orang kedua dari percakapan tersebut. Jawaban pada soal percakapan singkat itu biasanya pada baris atau orang kedua.

  2. Perhatikan, umumnya balasan yang benar ialah ada pada pernyataan kata kunci atau inspirasi pada orang kedua dalam percakapan itu.

  3. Ingat ! soal no 1 – 5 umumnya begitu gampang dan soal no 26 – 30 sangat sulit. Untuk itu sobat IBI (ilmubahasainggris.com) harus benar-benar konsentrasi mendengarkannya.

  4. Dengar dan baca hati-hati lalu pilih balasan yang sempurna di setiap soal. Jangan biarkan ada soal yang tak terjawab. Jika sobat IBI (ilmubahasainggris.com) tidak yakin maka sanggup beri tanda dulu dengan simbol (+) kalau sulit dan simbol (–) kalau agak gampang atau ssimbol lainnya yang memudahkan sobat IBI (ilmubahasainggris.com) untuk menandakannya.

  5. Jika sobat IBI (ilmubahasainggris.com) tidak paham dengan apa yang dibicarakan maka pilih balasan yang sangat berbeda dari apa yang telah sobat IBI (ilmubahasainggris.com) dengar dari soal itu.

  6. Jangan sekali – kali sobat IBI (ilmubahasainggris.com) pilih balasan yang seolah-olah dengan apa yang sobat IBI (ilmubahasainggris.com) dengar dari soal percakapan itu. Karena itu ialah jebakan untuk menjawab soal listening.

  7. Perhatikan kata synonim antara soal conversation dengan jawaban.

  8. Hati-hati terhadap kata yang mempunyai suara yang mirip. Seperti misalnya department dengan apartment ataupun kata – kata lainnya. Ini memerlukan konsentrasi pendengaran yang extra.

  9. Perhatikan pula setiap ungkapan idiomatik dalam percakapan tersebut.

  10. Setelah final menentukan jawabannya maka cepat-cepat alihkan mata sobat IBI (ilmubahasainggris.com) ke soal berikutnya.Hal yang perlu diperhatikan pada listening TOEFL ini ialah sobat IBI (ilmubahasainggris.com) dibutuhkan mempunyai pendengaran yang baik terhadap speaking bahasa inggris. Yang mana ini hanya sanggup didapatkan dengan sering praktek listening.

  11. Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) juga disarankan sanggup mengenali kata yang mempunyai ucapan yang sama dan mirip, satu kata, dua kata/phrase dan juga idiom.

  12. Sewaktu ada kesempatan berbicaralah kepada native speaker untuk melatih secara langsung. Ini latihan pendengaran dan juga speaking.

  13. Tonton gosip dan laporan cuaca bahasa inggris alasannya ialah bahasanya lebih similar dengan TOEFL, bukan film berbahasa inggris tapi untuk awal silakan anda sering lihat film alasannya ialah mungkin fun dengan action artisnya juga.

  14. Latih mendengar musik dengan menghayati soundnya bukan syair atau iramanya.

  15. Sering dengarkan rujukan soal listening TOEFL.


 




Contoh pertanyaan – pertanyaan  yang sering dipakai pada Listening Comprehension :



  1. what does ——- mean ?

  2. what does ——- imply about —– ?

  3. what will ——-probably do ?

  4. what are the speakers talking about ?

  5. what did ——-suggest that —– do ?

  6. what does ——-think about —– ?

  7. what had ——-assumed about —– ?


 




Demikianlah pembahasan bahan kali ini mengenai “ Strategi – Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes TOEFL “.


Semoga sanggup membantu sobat IBI (ilmubahasainggris.com) dan memperlihatkan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.


Thank you for attention friends


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement