2022

Appositive: Skill 3 Dalam Toefl Yang Perlu Dipahami

Appositive: Skill 3 Dalam Toefl Yang Perlu Dipahami
Appositive: Skill 3 Dalam Toefl Yang Perlu Dipahami

Appositive: Skill 3 Dalam TOEFL Yang Perlu Dipahami


 


Pengertian Appostive Dan Contoh Appositive Appositive: Skill 3 Dalam TOEFL Yang Perlu Dipahami
Rumus Appositive

 


Apa kabar sahabat IBI? Semoga sehat selalu yaa. IBI akan membahas wacana appositive pada goresan pena kali ini. Seperti yang kita tahu, konsep dasar kalimat dalam bahasa Inggris yaitu sebuah kalimat benar kalau minimal terdapat saubjek dan verb di kalimat tersebut.


Namun, dalam beberapa bentuk kalimat, terdapat noun lain yang fungsinya terlihat sama dengan subjek. Sahabat IBI harus hati-hati kalau menemukan hal menyerupai ini, alasannya yaitu noun tersebut bukanlah subjek dari kalimat, melainkan sebuah appositive.


 




What is Appositive


 


An Appositive is a noun that comes before or after another noun and is generally set off from the noun with commas (Sebuah appositive yaitu sebuah kata benda yang dating sebelum maupun sesudah kata benda lain dan umumnya dipisahkan dari kata benda lain dengan koma). Jika sebuah kata merupakan appositve, maka ia bukanlah subjek dari kalimat tersebut. Dalam kalimat, appositive berfungsi memperlihatkan informasi tambahahan terkait subjek kalimat.  Berikut rumus Appositive yang sahabat IBI wajib pahami.




 














The formula of appositive
Subject,                                         Appositive,                                                    Verb


Tom,                                      a really good mechanic,                                     is fixing the car


 

 


       Appositive,                                             Subject                                                    Verb


A really good mechanic,                                      Tom                                             is fixing the car


 




Appositive muncul dalam dua bentuk. Bentuk pertama, appositive akan muncul di tengah kalimat. Seperti rumus di atas, pada perkara menyerupai ini bentuk kalimat menjadi: Subjek + koma + appositive + koma + verb. Jadi, antara appositive dan verb kalimat akan dipisahkan oleh koma. Jika kita menemukan kalimat menyerupai ini, maka kita harus mengetahui bahwa subjek terletak di awal kalimat (sebelum appositive).


Kedua, appositive muncul di awal kalimat. Berdasarkan rumus di atas, bentuk kalimat pada perkara ini menjadi: Appositive + koma + subjek + verb. Jadi, dalam kalimat menyerupai ini antara subjek dan verb kalimat tidak akan dipisahkan oleh koma. Jika menemukan kalimat menyerupai ini, maka kita harus mengetahui bahwa subjek kalimat terletak di tengah kalimat (setelah appositive).


 




Berikut pola appositive dalam kalimat bahasa Inggris.



  1. The best teacher of this school, Mr. Sandy is gotten an achievement from Indonesia Minister of Education (Guru terbaik di sekolah ini, Tuan Sandy mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan Indonesia).

  2. Ayat-ayat Cinta, a film which was directed by Hanung Bramantio, become the winner of Panasonic Awards 2010 (Ayat-Ayat Cinta, sebuah film yang disutradarai Hanung Bramantio, menjadi pemenang Panasonic Awards 2010).

  3. Mother’s Day, December 22, is celebrated by every woman all of the world (Hati Ibu, 22 Desember, dirayakan oleh setiap perempuan di seluruh dunia).

  4. The last model of IPhone, IPhone S7 is sold on Amazon.com (Model terakhir dari IPhone, IPhone S7 dijual di Amazon.com).

  5. The second Biggest city in Indonesia, Surabaya, is located in East Java (Kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya, terletak di Jawa Timur).




Demikian ulasan mengenai appositive ya, sahabat IBI. Semoga bermanfaat.


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :


 



Advertisement